91 Siswa SMKS Yapis TIK Biak Numfor Ikuti Prakerin

KBRN Biak : Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Yapis TIK Biak tahun ini menyelenggarakan pembekalan  Praktek Kerja Industri (Prakerin) bagi peserta didik kelas XI tahun pelajaran 2022-2023,berlangsung Jumat (26/1/2023) di  ruang aula SMKS Yapis TIK, jalan Condronegoro Samofa  Kabupaten  Biak Numfor.

Ketua Yapis Cabang Biak Numfor Ir H.Saepudin saat  membuka kegiatan pembekalan tersebut   berpesan agar para peserta mengikuti prakerin dengan baik dan berharap dapat membentuk jiwa kepemimpinan.

 

“Para peserta didik ini dapat mengikuti materi pembekalan prakerin dengan baik agar bisa menjadi bahan pengetahuan dan keterampilan sebelum turun langsung ke penempatan prakerin dan saya berpesan  jangan lupa untuk menjaga nama baik sekolah serta menjaga kesehatan dan dengan bekal prakerin inilah nantinya akan dibentuk sperti apa cita-cita kalian ke depannya ,”ujcar Ir.H.Saepuddin.

Sementara Kepala SMKS Yapis TIK Biak,Basri Mamonto mengatakan prakerin yang digelar sebagai prakerin yang terakhir diadakan pihaknya dan di tahun 2025 kembali digelar selama enam bulan.

“Prakerin untuk periode terkhir pada kurikulum KTSP 2013 karena di tahun ini kami telah memulai Kurikulum Merdeka untuk kelas X dan di dalam praktek kurikulum Merdeka tersebut untuk prakerin baru dijalankan di semestar enam di  tahun 2025 selama enam bula nanti prkaterin,”ucap Basri Mmamoto.

“Para peserta diimbau mengikuti prakerin dengan baik sesuai aturan yang ditetapkan pihak skeolah.

“Jika tidak lulus pada prakterin ini maka siswa itu tidak akan naik kelas karena ini adalah persyaratan mutlak bagi SMK ,sedangkan jika telah lulus prakerin namun  tidak pernah masuk  selama persiapan menjelang Ulangan Akhir Semester,maka siswa itu  dikenai sanksi displin,”kata Kepsek Basri Mamonto

Selaku Ketua Panitia Praktek kerja Industri Darsini menyebutkan prakerin diikuti sebanyak 91 peserta didik yang ditempatkan di 29  kantor di Biak .

“Perserta didik yeng mengikuti prakerin sebanyak 91 siswa terdiri dari jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TJK ) 45 siswa, akuntasi 12 siswa, jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran  ( BDP)  11 siswa dan jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) sebanyak 23 siswa,sedangkan DUDI atau dunia usaha dunia industri sebanyak 29  kantor dengan prakerin selama tiga bulan dimulai tanggal 1 Februari 2023,”ujar Darsini.

Salah satu peserta prakerin  Sarina putri kapyoi siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan merasa senang akan mengikuti prakerin dan berharap dapat mendapatkan ilmu dan pengalaman yang bermanfaat

“Saya dan teman-teman merasa senang dan semangat sekali untuk  mengikuti prakerin di DU/DI,semoga penegtahuan dan pengalaman yang kami peroleh menjadi acuan kita untuk masa depan.”ujar Sarina

Peserta didik terlebih dahulu diberikan pembekalan prakerin dengan pemateri Kepala Sekolah dan sejumlah guru SMKS Yapis TIK Biak.

Written by 

Ilmu Amaliah, Amal Ilmiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HARI,TANGGAL






CUACA KOTA BIAK



Cuaca, 03
Cuaca di Biak Island
+27

Tinggi: +28 Rendah: +26

Kelembapan: 80%

Angin: NNE - 13 KPH



KALENDER KEGIATAN



PESAN-PESAN ANDA




DATA PENGUNJUNG


Flag Counter

HISTATS