Transportasi

Transportasi utama Kabupaten Biak Numfor adalah Bandar Udara. Bandar Udara Frans Kaisiepo merupakan bandar udara Internasional pertama di wilayah Papua dengan panjang landasan pacu hampir 3,6 km. Dimasa tahun 1990 an pernah melayani rute penerbangan Internasional ke Los Angeles USA melalui Honolulu. Untuk transportasi darat panjang jalan di Kabupaten Biak Numfor mencapai 703,74 Km yang terdiri dari Jalan Nasional (65,66 Km), Jalan Provinsi (193,51 Km), dan Jalan Kabupaten (444,56 Km). Dari total panjang jalan tersebut, 96,9 persen Jalan Provinsi sudah diaspal, dan 92,13 persen Jalan Kabupaten sudah diaspal.

 

Transportasi Darat

Transportasi darat menghubungkan 5 wilayah kecamatan di Biak dan Supiori Utara, sedangkan 3 wilayah kecamatan lainnya belum tersedia hubungan transportasi darat yaitu, kecamatan Supiori Selatan, kecamatan Numfor Timur dan Numfor Barat di Pulau Numfor.
Transportasi laut dapat menghubungkan ke 10 wilayah kecamatan dengan ibukota kecamatan Numfor Timur (Yemburwo).

 Transportasi Laut

Terdapat alat transportasi laut lokal miliki masyarakat yang dikenal dengan istilah Perahu Johnson. Sedangkan untuk hubungan antar pulau menggunakan Kapal Penumpang milik P.T PELNI dan swasta. P.T PELNI dalam pelayanan perjalanan laut menggunakan Jasa Kapal Perintis, ASDP Cenderawasih I, II serta kapal penumpang mewah KM Dorolonda dan Nggapulu. Kapal-kapal ini melayani rute antar propinsi sampai ke Jawa.

 
 Tansportasi Udara

Merupakan keunggulan bagi Kabupaten Biak adalah memiliki Bandar Udara Internasional Frans Kaisieop yang menghubungkan Biak dengan kota-kota lainnya. Bandara ini dapat didarati ole semua jenis pesawat, termasuk pesawat berbadan lebar seperti Boeing 747 400.- 900
Perusahaan penerbangan yang beroperasi di Kabupaten ini antara lain Garuda Indonesia Airways (GIA), Merpati Nusantara Airlines (MNA), Lion Air, (dikarenan alasan teknis, tidak operasional lagi di Biak),Express Express Air, Susi Air , Terdapat pula jasa pengangkutan cargo seperti Trigana Air.

Hubungan Internasional yang langsung dari Jakarta-Biak-Honolulu dan LA (Amerika Serikat) 3 kali seminggu sejak bulan Oktober 1994 untuk semerntara di tangguhkan jalur penerbangannya.
Selain Bandara Udara ini, kabupaten

Biak memiliki Bandara Udara milik TNI AU, Bandara Udara Manuhua dan Bandara Udara Yemburwo Numfor Timur serta Bandara Peninggalan Perang Dunia II di Pulau Owi.

Jarak ibu kota kabupaten ke ibu kota kecamatan

  • Kameri: 83 km
  • Yemburwo: 80 km
  • Korido: 42 km
  • Sabar Miokre: 45 km
  • Yomdori: 54 km
  • Warsa: 47 km
  • Korem: 36 km
  • Bosnik: 20 km
  • Yendidori: 8 km
  • Samofa: 2 km